Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 15 Cabang yang Dilombakan Pada Festival Budaya Habaring Hurung 2018

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 April 2018 - 02:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam Festival Budaya Habaring Hurung 2018 di Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), ada 15 cabang olahraga tradisi dan seni yang dilombakan. 

"Ada 15 cabang olahraga tradisional dan seni budaya yang dilombakan. Dimana untuk lokasinya ada di beberapa tempat," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim Fajrurrahman, saat pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung, Jumat (13/4/2018) malam. 

Dirinya menerangkan untuk cabang lomba tersebut diantaranya adalah bagasing, balogo, mengaruhi, manyimpet, manetek kayu, karungut, sepak sawut, besei kambe, dayung, tari pedalaman, tari pesisir, masakan khas daerah, malamang, mangenta, dan lawang sakepeng. 

"Selain itu, ditambah juga pemilihan putra putri pariwisata Kotim," kata Fajrurrahman. 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan mengungkapkan bahwa dirinya patut bangga dengan adanya Festival Budaya Habaring Hurung tersebut. Hal itu dilakukan sebagai promosi kebudayaan dan seni budaya di daerah ini. 

"Ini patut dibanggakan, karena dengan adanya kegiatan ini bisa mengenalkan budaya asli daerah kepada anak-anak. Sehingga terus dapat dilestarikan," kata Guntur. 

Dirinya berharap agar kegiatan seperti ini dapat dipertahankan. Sehingga budaya adat daerah ini bisa tetap tumbuh dan menjadi salah satu budaya untuk menarik minat wisatawan untuk melihat dan menyaksikannya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru