Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Timur Cibir Festival Budaya Habaring Hurung

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 April 2018 - 05:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi mencibir pelaksanaan Festival Budaya Habaring Hurung 2018 dengan menilai tidak adanya inovasi baru yang disuguhkan. 

"Harusnya ada inovasi yang baru dalam tiap tahunnya. Minimal pada pembukaan, bukan seperti yang ada saat ini nampak sama seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Supian Hadi, saat membuka kegiatan Festival Budaya Habaring Hurung tersebut, Jumat (13/4/2018) malam. 

Supian menilai, inovasi sangat penting bagi suatu kegiatan seperti Festival Budaya Habaring Hurung tersebut. Karena hal itu akan berdampak pada animo masyarakat yang datang, terutama warga Kotim.

Sehingga, maka pagelaran akan menjadi minat tersendiri bagi para pengunjung. Sehingga memberikan dampak yang bagus untuk kelestarian budaya lokal yang menjadi aset pariwisata nantinya. 

"Kalau masyarakat sudah banyak yang mau datang. Maka dengan sendirinya Festival Budaya Habaring Hurung ini dikenal hingga luar daerah. Hal itupun akan berdampak pada kunjungan wisatawan luar ke Kotim ini," kata Bupati. 

Bupati juga mengungkapkan bahwa inovasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai hal. Semisal adanya tarian klosal Dayak, namun para pesertanya tidak hanya asli orang Dayak. Tetapi bisa suku dari Jawa, Madura, Bugis, dan sejumlah suku lainnya. Mereka memakai pakaian adat daerah masing-masing, namun menari Dayak. 

"Itu akan lebih menarik, untuk kelestarian darah ini dengan pengemasan yang lebih bagus," terang Bupati. 

Tarian pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung
Tarian pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung

Melihat kondisi sekarang, Bupati berharap ke depannya Festival Budaya Habaring Hurung tidak hanya kegiatan seremonial biasa. Namun harus ada terobosan untuk meningkatkan minat wisatawan baik itu lokal, nasional, bahkan mancanegara. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru