Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerajinan Getah Nyatu Karya Warga Binaan Rutan Bisa Promosikan Daerah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 April 2018 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Belum lama ini, kerajinan getah nyatu hasil karya warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya, menjadi juara pada lomba souvenir hotel yang digelar saat Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) 2018 di Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Menurut Kepala Rutan Akhmad Zaenal Fikri, kerajinan getah nyatu bisa menjadi ajang promosi, sekaligus memperkenalkan budaya Kalimantan Tengah ke tingkat nasional. Syukur-syukur kelak mampu tampil pada ajang internasional. 

"Dalam kerajinan getah nyatu, menampilkan semacam ornamen khas Kalteng. Tentu ini menjadi peluang mempromosikan daerah," kata Fikri, Jumat (13/4/2018).

Pascadinobatkan sebagai jawara, warga binaan dan pihak Rutan mendapat tawaran untuk tampil kembali di pameran berikutnya di Jakarta.

"Ada beberapa tawaran terkait pameran lagi. Salah satunya dari PT Sarinah. Pembicaraan awal sudah kita lakukan dan sekarang kita masih menunggu (tindak lanjut)," ungkapnya. 

Fikri menambahkan, sampai sejauh ini belum ada tawaran masuk untuk tampil di ajang internasional. Namun, pihaknya bertekad menampilkan yang terbaik demi mengharumkan nama Kalimantan Tengah. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru