Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Kerajinan Getah Nyatu Warga Binaan Rutan Palangka Raya Capai Rp1,2 Juta

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 April 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Nilai jual hasil kerajinan berbahan dasar getah nyatu yang diolah oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Palangka Raya ternyata cukup tinggi.

Kepala Rutan Kelas II A Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri mengatakan, harganya bervariasi, mulai dari yang terkecil Rp5.000 sampai dengan termahal Rp1,2 juta. "Kalau yang harga Rp 5.000 itu untuk gantungan kunci. Sedangkan yang mahal model hiasan dinding," kata Fikri, Sabtu (14/4/2018).

Ia menuturkan, total WBP yang mampu mengolah kerajinan itu tercatat ada sekitar tujuh orang. Pihaknya akan terus membina mereka dan tetap menerima apabila ada WBP lainnya yang ingin belajar.

Andai kerajinan mereka dibeli seseorang, hasilnya akan diserahkan ke WBP untuk ditabung. Sehingga pada saat keluar nantinya mereka sudah memiliki uang.

Fikri berharap, WBP tidak lagi mengulangi perbuatan kriminal. Selain itu juga diharapkan mampu mengembangkan usaha kerajinan itu di luar sebagai usaha mendapatkan penghasilan. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru