Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Manfaat Lamun Untuk Kehidupan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 16 April 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Manfaat lamun yang sering dijumpai di Gosong Senggora memiliki fungsi seperti menahan abrasi sekitaran area pantai.

Selain itu Lamun juga sebagai tempat habitat ikan dan merupakan makanan utama hewan mamalia laut Dugong.

"Untuk membudidayakan lamun ini memang ada, tapi prinsip tempat kita bukan untuk menanam kembali atau membudidayakan lamun. Prinsipnya tempat kita sebagai wilayah konservasi yang dimana ditempat itu tidak boleh ada kapal masuk ke area tersebut baik itu untuk lewat atau menangkap ikan," kata Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan dan Kelautan Kotawaringin Barat, Hepy Kamis, Senin (16/4/2018).

Dia mengatakan nantinya untuk area atau zona tersebut tergantung dari lembaga pengelolanya, baik itu batasnya maupun yang lainnya. Lembaga pengelolanya nanti akan dipilih dari provinsi, karena tempat tersebut merupakan wewenang provinsi.

"Di kawasan tersebut juga untuk jumlah dugong sendiri masih belum terdata karena belum ada surveinya. Karena berdasarkan dari sejarah data jumlah dugong ini semakin sedikit. Sehingga dalam satu tahun pun dugong itu tidak bakalan ketemu karena sudah mulai langka," ucapnya.

Dugong sangat peka terhadap suara, karena mendengar suara kapal sedikit saja semua dugong tersebut akan menjauh. Karena sifat alami dugong tersebut sangat mudah bersimpati terhadap kawanannya seperti halnya apabila ada anaknya tertangkap mereka akan sama-sama mencari keberadaannya. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru