Penggantian Anggota BPD Dilakukan Karena Mengundurkan Diri

  • Oleh Ramadani
  • 16 April 2018 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pjs Bupati Barito Utara Drs H Sapto Nugroho melantik dua orang pengganti antar waktu (PAW) anggota BPD yakni anggota BPD Panaen dan Kandui.

“Adapun dua orang BPD yang baru saja dilantik yaitu untuk menggantikan anggota yang terdahulu sudah mengundurkan diri,” ucap Sapto Nugroho seusai melantik, Senin (16/4/2018).

Diterangkannya, sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 110 Pasal 19, anggota BPD dapat berhenti dikarekan tiga hal yakni meninggal, mengundurkan diri dan diberhentikan.

Masa jabatan anggota BPD yang baru dilantik untuk melanjutkan sisa masa jabatan anggota BPD yang digantikannya. Resminya anggota BPD mulai berlaku semenjak diambil sumpah janji yang dipandu oleh bupati atau pejabat yang ditunjuk.

Selain itu BPD juga harus bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang selama ini BPD sudah menadpat anggaran operasional yang sumbernya dari APBDes.

Berdasarkan peraturan bupati bahwa apabila 5 orang anggota BPD mendapat operasional 23 persen dari operasional pemerintah desa, anggota BPD 7 orang mendapat operasional 25 persen dari operasional pemerintah desa, dan anggota BPD 9 - 11 orang mendapat 27 persen dari operasional pemerintah desa.

“Saya berharap operasional BPD ini  dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dipertanggung jawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru