Germas Merupakan Program Nasional Yang Wajib Diikuti

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 16 April 2018 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Gerakan Masyarakat (Germas) merupakan program nasional yang wajib diikuti. Program itu berdasarkan  Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Hal dasar yang ada di Germas seperti lari, lompat, lempar, loncat (4L). Kita harus selalu melaksanakan aktivitas fisik agar sehat dan bugar serta jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Selain itu, cek kesehatan secara berkala," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) Dwi Ratna, Senin (16/4/2018).

Untuk menunjang intruksi itu, Dinas Kesehatan juga melaksanakan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Kegiatan itu dilakukan oleh seluruh puskesmas terintegrasi dengan Germas.

"Kita akan melakukan jemput bola ke setiap kepala keluarga untuk melakukan pendataan tentang kesehatan dasar. Germas ini merupakan tindak lanjut dari Inpres Nomor 1 Tahun 2017.

Selain di internal Dinas Kesehatan, seperti staf dan jajaran kesehatan di puskesmas, Dinkes akan melaksanakan Germas ke SOPD lainnya. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru