Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Pesisir Rawan Bencana Perlu Perhatian

  • Oleh Lapro B Giadi
  • 17 April 2018 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Dua desa di Kecamatan Kapuas Kuala, yakni Camara Labat dan Palampai, yang berlokasi di pesisir pantai, beberapa waktu lalu dilanda musibah gelombang besar.

Akibatnya tambak ikan, kebun semangka, sawah, serta beberapa rumah warga rusak.

Menanggapi musibah itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas Kunanto meminta pemkab memberikan perhatian lebih terhadap daerah rawan bencana.

"Daeran rawan bencana ini diperlukan perhatian ekstra dari pemerintah. Jangan sampai lagi diterjang obak besar sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit" katanya rapat gabungan komisi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas di ruang rapat gabungan, Senin (16/4/2018).

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu menurutkan, akibat diterjang ombak, bibit ikan yang baru ditaburkan petani di Desa Camara Labat dan Palampai hilang semuanya.

Kemudian, buah semangka yang tinggal beberapa hari lagi akan panen musnah diterjang ombak.

"Hendaknya ada penanganan pascamusibah di dua desa tersebut dan desa terdekat yang rawan musibah harus menjadi skala proiritas perhatian pemerintah. Bagainapun juga lokasi darurat dan rawan serta pascabencana harus dikedepankan untuk ditangani oleh pemerintah " tegas Kunanto.

Legislatif dari dapil I itu mengaku prihatin akan kondisi masyarakat di dapilnya. Karena kehidupan di pesisir sangat berbeda dengan masyarakat perkotaan.

"Kehidupan ekonomi masyarakat di sana cukup tertinggal. Makanya diharapkan berbagai gerbang ekonomi dan pembangunan bisa memperhatikan nasib masyarakat Kapuas yang berada di pesisir," sebut Kunanto. (LAPRO/B-3)

Berita Terbaru