Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpustakaan Desa Jihing Selalu Dibuka Untuk Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 17 April 2018 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Desa Jihing Ali Suanto mengatakan bahwa pihaknya selalu membuka Perpustakaan Desa (Perpusdes) bagi masyarakat yang ingin mebaca dan meminjam buku.

"Yang ingin menambah ilmu pengetahuan dan aktivitas lainnya diperpustakaan, kita open bagi setiap orang," kata Ali Susanto, Selasa (17/4/2018).

Menurut Ali, perpustakaan desa akan selalu dibuka pada setiap hari kerja, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan buku yang telah disediakan untuk dibaca. 

"Untuk persedian atau koleksi buku, desa saat ini masih bekerjasma dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah," ujarnya.

Sewentara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara Aji Nugraha berharap agar desa bisa menganggarkan buku untuk perpustakaan diwilayahnya melalui APBDes, sehingga setiap desa memiliki perpustakaan yang nyaman bagi masyarakat dengan koleksi buku lengkap.

"Harapan kita, perpustakaan desa tidak hanya mengandalkan buku bantuan saja, tetapi desa juga harus memprogramkan buku melalui APBDes yang diterima setiap tahunnya," pinta Aji Nugraha.

Aji menerangkan, dengan anggaran yang besar, tentunya tidak masalah bagi pemerintah desa untuk bisa menanggarkan buku untuk perpustakaan, mengingat hal tersebut juga penting bagi masyarakat dalam meningkatkan pengetahun warganya.

"Mudah-mudahan ke depannya perpustakaan desa bisa semakin mandiri," harap Aji Nugraha. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru