Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Kobar Imbau Orang Tua Perhatikan Perkembangan Anak

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 17 April 2018 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Triyanto, mengimbau orang tua turut serta memperhatikan perkembangan anak.

Pasalnya, perkembangan teknologi yang begitu pesat sekarang ini bisa berdampak positif maupun negatif terhadap anak. Tergantung dari cara orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak.

"Orang tua harus memperhatikan pertumbuhan anaknya dengan mengontrol penggunaan gawai mereka. Karena gadget (gawai) memiliki dampak negatif seperti dapat mempengaruhi pertumbuhan anak tersebut, baik secara fisik maupun non fisik. Kalau secara fisik, anak tidak akan melakukan aktivitas seperti anak pada umumnya karena terlalu asik dengan gawai mereka" kata Triyanto, Selasa (17/4/2018).

Sedangkan dari segi non fisik, anak yang terlalu banyak bermain gawai tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan. Karena sudah terbatas dengan gawai merela.

Di sinilah peran orang tua diperlukan untuk mengedukasi anak sekaligus memberi batasan penggunaan gawai demi masa depan mereka.

"Untuk orang tua jangan lewatkan momen penting dengan anak. Karenanya, sebagai orang tua harus mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab anak-anak akan semakin bertambah dewasa dan jangan sampai dengan penggunaan gawai yang salah mempengaruhi pertumbuhan mereka," tutur politisi Partai Gerindra ini. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru