Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kendala KPU saat Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 April 2018 - 03:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bersama PPK, PPS, dan Pantarlih, mulai melakukan pencocokan dan peneliti (coklit), Selasa (17/4/2018).

Namun petugas menghadapi beberapa kendala saat coklit, seperti menemui warga yang tidak ada di rumahnya.

"Masyarakat daerah ini mayoritas bekerja. Sehingga sangat sulit bertemu atau mendapati warga tersebut saat jam kerja," kata Komisioner KPU Kotim Sugiono, Selasa (17/4/2018). 

Kendati demikian, KPU akan terus berupaya melakukan coklit secara efisien. Bahkan tidak mengenal waktu, hingga 24 jam setiap harinya. Apalagi, waktu yang ditetapkan hanya sebulan untuk memperoleh data akurat dan efisien. 

"Kalau memang perlu kami datangi pada malam hari. Tergantung waktu luang masyarakat," kata Sugiono.

Dia mengatakan, petugas siap mendatangi rumah warga secara berulang-ulang hingga berhasil melakukan coklit. Sebab, KPU tidak ingin ada masyarakat yang tidak terpenuhi haknya di pemilu.

Sementara itu, salah seorang tokoh pemuda yang didatangi petugas pada hari pertama coklit, Abdul Hafid mengatakan, kegiatan tersebut perlu didukung agar berjalan lancar. Jangan sampai malah diabaikan masyarakat. 

“Kami berharap colklit ini benar-benar terdata dengan baik, dan kami mendorong kepada masyarakat agar terbuka menerima petugas KPU, PPK, PPS dan Pantarlih yang datang. Demi akurasi data daftar pemilih,” kata Hafid yang berniat maju dalam bursa pencalonan DPD RI nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru