Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Lamandau Tingkatkan Irigasi dan Air Bersih

  • Oleh Heriyadi
  • 18 April 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) meningkatkan pelayanan irigasi dan air bersih. Anggaran peningkatan irigasi dan penyediaan air bersih berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 dengan total Rp3 miliar.

Kepala Dinas PUPR Lamandau Ray Paskan, mengatakan, tahun 2018 ini ada tiga paket untuk irigasi dan dua paket diarahkan pada pekerjaan pengelolaan air bersih.

Ketiga paket itu untuk irigasi di wilayah Desa Batu Kotam Kecamatan Bulik peningkatan jaringan irigasi, Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya rehabilitasi jaringan irigasi, dan Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang peningkatan jaringan irigasi.

Sedangkan pengadaan air bersih ada dua paket pekerjaan yang diarahkan di wilayah Desa Tanjung Beringin Kecamatan Lamandau dengan pagu Rp1 miliar untuk membangun sistem pengelolaan air minum.

"Dengan adanya irigasi ini pasokan air untuk lahan pertanian akan cepat terpenuhi menjadi semakin mudah dalam mengolahnya," ungkapanya.

Menurut Ray Paskan, adanya irigasi tersebut untuk memenuhi ketersedian air ketika musim kemarau. Pasalnya irigasi sangat bermanfaat untuk terus menjaga stabilitasi lahan pertanian di Kabupaten Lamandau.

Ray berharap, masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh Pemkab setempat. Irigasi dapat membantu para petani dalam pengelolaan lahan persawahan hingga meningkatkan hasilnya. (HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru