Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalimat Larangan untuk Anak PAUD Harus Selalu Disertai Penjelasan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 19 April 2018 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengimbau guru pendidikan anak usia dini (PAUD) supaya selalu memberikan penjelasan setiap memberikan larangan kepada peserta didik.

Hal itu dimasudkan supaya anak memahami alasan mereka dilarang.

"Guru PAUD harus menanamkan konsep kepada anak didik mengenai alasan hal itu dilarang. Sehingga anak-anak tahu alasan dari larangan tersebut dengan konsep-konsep penjelasan yang diberikan," kata Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar Salundik, Rabu (18/4/2018).

Menurut dia, dengan memberikan penjelasan yang logis, anak PAUD ke depannya bisa mengetahui dampak dari larang yang diberikan. "Misal kalau dia melakukan itu apa resikonya dan akibatnya"

Tidak seperti selama ini, banyak guru ataupun orang tua hanya memberikan kalimat larangan kepada anak tanpa memberikan alasan yang logis.

"Padahal anak-anak masih belum memahami kenapa hal itu dilarang. Oleh sebab itu, setiap larangan yang kita berikan harus ada alasannya dan alasan itu harus kalimat yang mudah dipahami oleh anak PAUD," ucap Salundik.

"Sama halnya dengan menyeberang jalan, anak-anak harus diberitahu tentang penjelasan jalan tersebut dengan kalimat yang mudah dipahami," demikian Salundik. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru