Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk Turunan Nanas Desa Bungai Jaya Segera Dijadikan Makanan Kaleng

  • Oleh Sri Hayati
  • 19 April 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Mimpi Kadiman, kepala Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, untuk memproduksi keripik, sirup, dan selai nanas madu dalam bentuk kemasan layak jual sepertinya bakal segera terwujud.

Dalam waktu dekat, tiga jenis produk lokal itu memang akan diproduksi massal dan dibuat menjadi makanan kaleng. Selain bergengsi, harganya juga sudah pasti akan naik beberapa kali lipat.

"Di pasaran kita tahu banyak buah yang dikemas dalam kaleng dan ketika dikemas dalam kaleng tentu harganya akan lebih mahal. Kita banyak memiliki nenas yang terkenal sangat manis, dan nenas madu Basarang juga nanti akan kita jual dalam bentuk kaleng," ungkap Kadiman saat ditemui di kantor Desa Bungai Jaya, Rabu (18/4/2018).

Namun demikian, ia tetap minta bantuan Pemkab Kapuas dalam hal ini Disperindagkop untuk memberikan pembinaan bagi UKM di Desa Bungai Jaya.

"Untuk membangun pabrik buah kaleng di Basarang tidak sulit. Nantinya kalau pabrik buah kaleng berdiri, banyak menyerap tenaga kerja," tambah Kadiman bersemangat.

Bila kemasan sirup, selai, dan kripik nanas dan selai nanas madu dinilai layak jual, Kadiman bertekat untuk membuka otlet di tepi jalan trans Kalimantan, Km 9, Basarang.

Produk itu nantinya akan digabungkan dan di pasarkan di tempat itu. "Lokasinya persis di tepi jalan trans Kalimantan, Km 9. Nantinya akan dibuat gajebo sehingga masyarakat yang mampir dan membeli oleh-oleh khas nanas Basarang bisa bersantai sejenak," tuturnya. (SRI HAYATI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru