Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Gelar Pelatihan Pengolahan Rotan

  • Oleh Trisno
  • 19 April 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemkab Murung Raya (Mura) menggelar pelatihan pengolahan rotan. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) itu diiikuti 20 peserta.

Menurut ketua panitia pelatihan menganyam rotan, Rayensen R, alasan digelarnya pelatihan tersebut Disperindagkop ingin ke depan Mura punya komoditas andalan yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu yang dilirik adalah potensi rotan yang melimpah di Mura, dan melalui pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pengrajin rotan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilannya.

Dengan demikian, rotan menjadi komoditas yang mampu menjadi penghasilan masyarakat secara ekonomi dan mampu membuka lapangan kerja baru.

Kegiatan pelatihan menganyam rotan sendiri kali ini melibatkan nara sumber dari Kota Palangka Raya, yaitu Ranince yang merupakan pelaku usaha kerajina anyaman rotan yang sudah berpengalaman dan mengikuti event event baik Nasional bahkan Internasional.

Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Mura Pahala Budiawan mengatakan, pihaknya merespon dan terus mendorong peningatan kegiatan industri masyarakat.

Salah satunya melalui komoditas rotan yang nanti diharapkan munul industri industri anyaman rotan khas Kabupaten Mura dan menjadi salah satu bagian penting dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Apalagi di Mura, komoditas rotan sendiri sangat melimpah dan sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga melalui program pelatihan ini, kekayaan rotan yang melimoah tersebut dapat dimanfaatkan dan menghasilkan.

Pahala menyampaikan kenapa kegiatan pelatihan menganyam rotan ini dianggap penting, karena merupakan upaya mengembangkan potensi komditas di daerah agar bermanfaat bagi masyarakat.

Berita Terbaru