Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jamu Memiliki Khasiat Lebih Harus Dicurigai

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 19 April 2018 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasi Pelayanan Obat Tardisional pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Mamad Syahruni mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penjualan jamu.

Jadi masyarakat harus mencurigai bila ada jamu yang memiliki khasiat lebih cepat daripada obat biasa. Sebab kemungkinan besar jamu tersebut sudah ada tambahan zat lain yang tercampur dalam jamu tersebut.

Dia mengatakan khasiat jamu bisa dirasakan bila dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Tapi berbeda dengan obat yang dapat menyembuhkan penyakit dengan cepat.

Sedangkan jamu itu manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu panjang dengan dikonsumsi dalam waktu jangka panjang pula.

"Alasan kenapa jamu tidak boleh dicampur obat karena, kalau untuk obat takaran dosisnya ada, aturan pakainya dan efek sampingnya. Kalau jamu apabila ditambah obat dia tidak tahu takarannya berapa, dan efek sampingnya apabila jamu tersebut sudah tercampur dengan obat," Kata Syahruni, Kamis (19/4/2018).

Dia menjelaskan jika jamu dicampur obat maka akan lebih berbahaya dibandingkan obat biasa yang sudah jelas memiliki takaran, dosis dan efek sampingnya.

Jadi untuk mendapatkan khasiat jamu harus diminum rutin setiap hari atau tiga kali dalam seminggu.

"Jamu itu merupakan obat tradisional yang memiliki manfaat yang bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang serta harus rutin dalam mengkonsumsinya sehingga manfaatnya bisa dirasakan," tuturnya. (HARDI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru