Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Dipersilakan Hadiri Rapat Paripurna DPRD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 April 2018 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mempersilakan mahasiswa menghadiri rapat paripurna yang diselenggarakan dewan.

Menurutnya, rapat paripurna merupakan pertemuan antara pihak DPRD dengan banyak pihak. Tidak hanya kepada pemerintah, tetapi juga kepada masyarakat, termasuk mahasiswa.

Karenanya setiap kali memulai rapat, pimpinan rapat paripurna akan memukul palu sebagai tanda rapat tersebut resmi dibuka dan terbuka untuk umum.

"Setiap kali ada mahasiswa datang berkunjung ke gedung DPRD ini saya selalu katakan rapat paripurna itu terbuka, jadi mahasiswa yang ingin belajar tentang lembaga DPRD dan segala keputusannya boleh menghadiri rapat paripurna," kata Sigit, Kamis (19/4/2018).

Menurutnya, beberapa kali ada rombongan mahasiswa yang datang berkunjung dengan tujuan ingin mengenal tugas dan fungsi dewan. Dalam kesempatan yang hanya beberapa menit menurut Sigit pihaknya hanya dapat menjelaskan gambaran besar tugas dan fungsi lembaga DPRD namun tidak bisa mendalam.

"Makanya kita undang, apalagi mahasiswa jurusan administrasi negara atau yang berhubungan. Sehingga mereka tidak hanya belajar teori di bangku kuliah tapi juga bisa turun langsung, menyaksikan langsung prosesnya terbentuknya suatu keputusan," jelas Sigit.

Sebelumnya, Plt Ketua Jurusan Administrasi Negara, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Novianto Eko mengatakan bahwa tanggapan dewan ketika menyambut rekan-rekan mahasiswa sangat bagus dan penjelasan yang sangat mendalam terkait kebijakan dan bagaimana DPRD bekerja.

"Kita sengaja mendatangi DPRD kota Palangka Raya untuk mengetahui bagaimana sistem kinerja DPRD dalam mengambil kebijakan," katanya.

Bahkan, imbuhnya, pihaknya juga merasa terhormat bisa mengikuti langsung sidang paripurna DPRD, dimana hal tersebut adalah yang pertama kalinya, yaitu, Universitas Muhamaddiyah. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru