Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Pangkan dan SMA 1 Dusun Tengah Juara I Lomba Perpustakaan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 19 April 2018 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Desa Pangkan, Kecamatan Paku dan SMA 1 Dusun Tengah dinobatkan sebagai juara satu pada lomba perpustakaan 2018.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah Kabupaten Barito Timur, Frindiano Leloni mengatakan lomba perpustakaan desa dan lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA sederajat, merupakan agenda rutin.

"Lomba perpustakaan desa dan lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA sederajat, merupakan agenda rutin setiap tahun dilaksanakan,"katanya, Kamis (19/4/2018).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil penilaian dari beberapa kriteria yang ditetapkan. Yakni struktur perpustakaan, gedung atau ruang perpustakaan, sarana dan prasarana, sumber daya elektronik, anggaran perpustakaan, koleksi perpustakaan, tenaga pengelola, pengolahan bahan pustaka serta data statistik seperti SK pendirian, struktur organisasi, dan foto kegiatan.

"Untuk lomba perpustakaan lomba desa, yang ditetapkan menjadi juara satu yaitu desa Pangkan, juara dua desa Rodok kecamatan Paku serta juara tiga desa Bamban, kecamatan Benua Lima,"bebernya.

Sedangkan untuk lomba perpustakaan sekolah, tingkat SLTA. Untuk juara satu SMA 1 Dusun Tengah, juara 2  SMA 1 Dusun Timur dan Juara 3, SMA 1 Benua Lima.

"Juara satu akan diberangkatkan ke Palangka Raya, untuk mengikuti lomba tingkat provinsi Kalimantan Tengah. Bila dalam perlombaan nanti juga menjadi juara satu, maka akan diikut sertakan pada perlombaan tingkat nasional,"bebernya.

Frindiano juga mengungkapkan untuk keberadaan perpustakaan desa diwilayah kabupaten setempat, masih ada kendala terkait pendanaan untuk pendirian dan pengelolaan.

Pihaknya sebutnya telah menngirim surat ke sepuluh kecamatan untuk diteruskan kepihak aparatur desa agar mendirikan perpustakaan desa.

Sebab dari 101 dan 3 kelurahan yang ada diwilayah kabupaten Bartim, baru ada 35 desa yang sudah memiliki perpustakaan desa.

"Kami berharap dengan terbangunnya perpustakaan desa disemua desa di Bartim. Maka akan menambah wawasan dan pengetahun serta berdampak positif bagi kehidupan masyarakat didesa," tandasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-6)

Berita Terbaru