Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi IV DPRD Kapuas Kunjungan Kerja ke Bandung

  • Oleh Lapro B Giadi
  • 20 April 2018 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.
Kunjungan kerja itu mengusung misi menggali informasi terkait penanganan bencana daerah.

"Di Bandung SOPD ini disebut Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah. Anggaran dimiliki sebesar Rp 25 miliar. Dana itu dikucurkan setiap tahun anggaran" ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas Lawin, Kamis (19/4/2018).

Anggaran dimiliki Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung tergolong cukup besar. Hal itu tidak lepas dari APBD mereka yang juga sangat besar.

Kabupaten Bandung, lanjut Lawin, tidak terlalu bergantung dengan APBN. Beda halnya dengan Kabupaten Kapuas masih mengandalkan kuncuran dana dari pemerintah pusat.

"Kemitraan antara Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah dan pihak legislatif yang membidangi persoalan bencana juga sangat harmonis dan sinergi," imbuh politisi Partai Hanura ini.

Semua program dan pembahasan anggaran senantiasa melalui jalur komisi sebagai mitra kerja. Sehingga sangat nyata terlihat kesinergian mereka. 

Untuk pola kerja, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung memiliki jaringan hingga keperdesaan melalui satuan unit kerja seperti UPTD di setiap kecamatan.

"Sehingga semua yang terkait dengan bencana akan tertanggulangi dengan cepat," pungkas Lawin. (LAPRTO/B-3)

Berita Terbaru