Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Usia Dini Harus Diajarkan Kemandirian

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 20 April 2018 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Anak usia dini harus diajarkan kemandirian agar bisa merawat diri sendiri tanpa bantuan orang tua. Kemandirian yang perlu diajarkan seperti mandi dan mengganti baju.

"Sehingga anak tidak akan ketergantungan lagi dengan orang tua. Di PAUD anak diajarkan yang paling pertama itu mengenal organ tubuh mereka, seperti hidung, telinga, dan rambut. Baru selanjutnya melatih kemandirian mereka seperti mandi atau hal lainnya yang berkaitan dengan kemandirian," kata Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Salundik, Jumat (20/4/2018).

Di PAUD, lanjut dia, anak diajarkan tentang hal yang harus dilakukan sebelum makan, dan yang akan dilakukan setelah makan. Hal itu bertujuan agar anak menuju kemandirian. Sebab suatu saat anak bisa hidup mandiri tanpa bantuan orang tua.

"Sehingga menanamkan kemandirian sejak dini itu perlu dilakukan agar anak selain mandiri juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan diri mereka. Di PAUD anak-anak diajarkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk asupan mereka," ucapnya.

Dengan mengajarkan anak mandiri pada usia nol sampai enam tahun, diharapkab saat mereka berusia tujuh tahun sudah paham dan terbiasa hidup mandiri. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru