Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketahui Manfaat dan Ancaman Telematika Saat Ini

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 April 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada hal yang menarik disampaikan oleh Pakar Telematika Abimanyu PK Wachjoewidajat di hadapan ratusan peserta  Commited To Success (CTS) Staf 2018 yang digelar Citra Borneo Indah (CBI) Group di Ballroom Swissbellhotel Pangkalan Bun, Sabtu (21/4/2018).

Ada hal yang menjadi manfaat nyata Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Komunikasi dan Informasi.

"Di antaranya adalah yang tiada jadi ada, yang susah menjadi mudah, yang tidak bisa menjadi bisa dan lain sebagainya," jelasnya.

Namun, lanjutnya, ada juga hal yang menjadi kerugian dengan kemudahan ICT tersebut.

"Untuk itulah, kenapa kita perlu mengetahui kejahatan komputer. Karena komputer kini menjadi jantung aktivitas, cara elite melumpuhkan fasilitas, seringkali aktivitasnya terselubung, memungkinkan pencurian data, risiko data hilang, perubahan data tak terdeteksi," jelasnya.

Menurutnya, saat ini yang perlu diwaspadai adalah perang data. 

"Bila data kita dicuri, maka bisa saja formula rahasia perusahaan dimanfaatkan oleh pihak lain untuk kepentingannya," jelasnya.

Jadi, lanjutnya, diharapkan agar data penting yang seharusnya tidak boleh diketahui publik, biarkan saja tetap tersimpan di kantor.

"Karena bila data tersebut kita bawa keluar menggunakan alat berupa HP, laptop atau apapun dengan tujuan untuk dikerjakam di rumah. Masalahnya bila kita lengah, bisa saja data tersebut dicuri oleh pihak lain," jelasnya.

Berita Terbaru