Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskusi Media Angkat Tema Indonesia Optimistis

  • Oleh Tim Borneonews
  • 22 April 2018 - 01:00 WIB

BORNEONEWS- Kakukus Muda Indonesia akan mengelar diskusi media dengan tema Indonesia Optimistis, Peran Kongkret Media Membangun Optimisme Bangsa Melalui Pemberitaan.

Kegiatan ini akan dihadiri beberapa narasumber yang berkompeten,
di antaranya Ketua Serikat Media Siber Indonesia Auri Jaya, Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa Kemenkominfo Henri Subiakto, Ketua Ikatan Wartawan Online Jodhi Yudono, Dir Eksekutif Komunikonten Harico Wibowo, dan pengamat media Agus Sudibyo.

Ketua Kaukus Muda Indonesia Edi Humaidi menyebutkan, kegiatan itu diadakan di Gedung Dewan Pers pada Senin (23/4/2018) mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Ia menyebutkan, sebagai bangsa yang besar dengan jumlah penduduk terbesar nomor empat di dunia (setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India) dengan luas wilayah dan kekayaan alam yang melimpah, memang sudah sepantasnya bangsa Indonesia merasa optimistis. Khususnya terhadap masa depan Indonesia yang lebih gemilang.

Lebih lanjut, Edi Humaidi mengatakan bahwa belum lagi pada 2030 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi yang bakal berpengaruh pada aspek ekonomi dan sosial. 

"Indonesia akan memperoleh manfaat besar bila sumber daya manusianya berkualitas dan terserapnya tenaga kerja. Di sinilah pentingnya peran media dalam membangun optimisme bangsa melalui pemberitaan. Rasa optimisme dan nasionalisme salah satunya terbentuk melalui peran media dalam memberikan informasi, edukasi, dan sosialisasi terhadap nilai-nilai, melalui aktualisasi fakta-fakta pembangunan yang ada. Dengan pemberitaan yang optimistis akan dapat memberi arah yang positif bagi perjalanan bangsa ini dimasa yang akan datang," katanya, Sabtu (21/4/2018).

Sementara itu, pengamat media yang juga Dir Eksekutif Komunikonten Harico Wibowo, menyebut bahwa media online merupakan salah satu rujukan paling utama masyarakat dalam memperoleh pendidikan, informasi, dan hiburan.

Berbagai konten yang dikeluarkan oleh media online telah melewati berbagai verifikasi ketat. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap media online sangat tinggi.

Oleh karenanya, wajar media online menjadi rujukan bahkan dapat memimpin membangun optimisme bangsa melalui berbagai konten pemberitaannya.

Sudah waktunya masyarakat diberikan harapan serta optimisme yang salah satunya terbentuk melalui peran media dalam memberikan informasi, edukasi, dan sosialisasi terhadap nilai lewat aktualisasi fakta pembangunan yang ada.

Berita Terbaru