Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Proses 18 Desa Persiapan Menjadi Desa Definitif

  • Oleh Sri Hayati
  • 23 April 2018 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas berupaya memproses 18 Desa Persiapan menjadi desa definitif. Ada banyak tahapan yang harus dilalui agar Desa Persiapan menjadi desa definitif.

“18 Desa Persiapan itu sampai dengan saat ini masih terus berjalan, artinya tidak berhenti dan jalan terus. Tim terus bekerja untuk melakukan penyempurnaan, serta berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Ibak, baru-baru ini.

Menurut dia, ke 18 Desa Persiapan itu sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki waktu tertentu sebelum menjadi desa definitif. “Aturan yang ada itu memang paling minim itu 1 tahun sampai dengan 3 tahun. Karena harus dilakukan persiapan, contohnya seperti harus memiliki persiapan termasuk tanah untuk kantor desa, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan sebagainya."

Sampai dengan ini pihaknya pun juga terus memonitor seluruh desa persiapan tersebut. Dia menyebutkan dari ke 18 Desa Persiapan yang ada semuanya seimbang terkait dengan kesiapan. “Tidak ada yang terlalu menonjol ataupun masih tertinggal. Karena ini masih dalam proses,” ungkapnya.   

Memang di dalam undang-undang desa itu, bahwa untuk pemekaran bisa dilakukan asalkan sesuai dengan prosedur dan persyaratan. “Untuk syarat-syarat pun memang sangat ketat yang harus dipenuhi, jadi mereka semua yang ada di desa persiapan harus berjuang keras untuk bisa memekarkan desanya,” ucapnya.

Dia berharap, semua pihak dapat mendukung penuh desa persiapan, karena karena hal ini sangat baik dalam memberikan kemudahan pelayanan terhadap seluruh masyarakat. Untuk diketahui sampai dengan saat ini di Kabupaten Kapuas terdapat 214 Desa.

“Kami imbau, kepada camat juga untuk mendukung desa persiapan yang ada di wilayahnya dengan melakukan pembinaan, memonitor terus kemudian juga memberikan semangat dan dorongan. Karena ini penting untuk percepatan pembangunan,” tutupnya. (SRI/B-2)

Berita Terbaru