Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Harapkan Peserta UNBK Sore Hari Tetap Semangat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 April 2018 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa SMP/MTs, Senin (23/4/18).

Sekolah yang dikunjungi ialah SMP Katholik Santo Paulus, SMP Muhammadiyah, SMPN 6 serta MTsN 1 Palangka Raya.

Wali Kota Palangka Raya berharap USBN ini dapat berjalan dengan lancar baik dari segi persiapan siswa-siswinya maupun hal teknis yang mungkin dapat mengganggu selama proses ujian berlangsung, termasuk kepada para siswa yang harus menjalani UNBK di siang hingga sore hari.

"Tidak semua sekolah mampu melaksanakan UNBK, terutama sekolah daerah pinggiran yang masih menggunakan sistem ujian berbasis kertas dan pensil (UNKP). Yang melaksanakan UNBK ini pun harus dibagi dalam dua sesi, sesi pagi dan sesi siang. Saya agak khawatir dengan siswa yang melaksanakan UNBK di sore hari bisa mengganggu nilainya ya," katanya.

Menurutnya, bukan keinginan Wali Kota atau SKPD bahkan sekolah sebenarnya sehingga para siswa harus menjalani UNBK secara bersesi.

"Ini kan bukan maunya kita, tapi kita ini keterbatasan komputer jadi peserta ujian dibagi tiga sesi. Saya kuatir anak didik yang ujian di sesi sore hari, bisa saja secara psikisnya terganggu, kurang fokus," katanya.

Dalam peninjauannya Riban memastikan secara keseluruhan pelaksanaan UNBK berjalan tanpa kendala, walau ada sedikit gangguan pada jaringan yang membuat pelaksanaan ujian sedikit molor.

"Ke depan bagi sekolah yang ingin melaksanakan UNBK, bisa menyiasati dengan menyamaratakan waktu atau sesi ujian. Kapan perlu menggunakan gawai, kan sama saja. Terpenting semuannya tersistem, jadi tidak perlu dibagi sesi pagi, siang atau sore, bisa membuat tidak fokus peserta didik," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru