Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panitia Lelang Proyek Pemerintah Harus Independen

  • Oleh Lapro B Giadi
  • 24 April 2018 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Proses lelang, baik pengadaan barang, jasa, maupun kontruksi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dilakukan seluruh kelompok kerja (pokja) harus independen. 

Anggota DPRD Kapuas Ahmad Baihaqi, secara gamblang menegaskan agar panitia lelang jangan sampai melanggar ketentuan yang berlaku.

"Biar rekan panitia/pokja bekerja dengan leluasa sesuai aturan yang berlaku tanpa harus mengamankan berbagai tekanan dan kebijakan," kata anggota dewan dari Komisi III ini, Senin (23/4/2018).

Ia melanjutkan, pengadaan barang dan jasa serta lelang pekerjaan kontruksi yang sumber dananya berasal dari anggaran pemerintah sudah memiliki aturan standard. Aturan itulah yang menjadi panduan para panitia lelang selama bertugas.

"Saya yakin personel yang ditunjuk sudah memiliki bekal pengetahuan untuk pelaksanaan pelelangan," tegas Ahmad Baihaqi yang juga ketua Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Kapuas ini.

Bekal pengetahuan itu, lanjutnya, didapat panitia lelang melalui pendidikan khusus.

"Karenanya, jangan sampai sikap independensi panitia lelang hancur karena tekanan dan keinginan atau pesanan pihak tertentu untuk meloloskan proyek. Ini sudah jelas pelanggaran dengan ketentuan yang ada," pungkas Ahmad Baihaqi. (LAPRO/B-3) 

Berita Terbaru