Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disdik Sesalkan Penerimaan Siswa Baru Mendahului Kalender Pendidikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 April 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Sahdin Hasan menyayangkan adanya penerimaan siswa baru yang mendahului kalender pendidikan.  

"Kita baru memasuki masa UNBK kok sudah ada sekolah yang ancang-ancang penerimaan siswa baru, yang lama saja belum lulus kan. Lagipula kan kita ini punya kalender pendidikan, di sana jelas sudah ada masanya kapan untuk penerimaan siswa baru," kata Sahdin Hasan, Selasa (22/4/2018).

Menurutnya, terkait pungutan pun dirinya tidak bisa melarang secara mati-matian pihak sekolah agar tidak memungut. Hal ini karena dalam undang-undang pun sudah tertera bahwa soal peningkatan kualitas pendidikan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga masyarakat yang termasuk di dalamnya adalah para orang tua.

"Tetapi pihak sekolah juga harus arif melakukan pungutan ini, semua harus ada kesepakatan dengan orang tua. Kalau kita mengharapkan dana BOS kan memang ya begitu adanya. Karena perhitungan dana BOS adalah perhitungan minimal. Kalau para orang tua menginginkan yang lebih daripada minimal itu untuk anak-anaknya tentu saja harus dikoordinasikan dengan pihak sekolah," jelasnya.

Misalnya saja, lanjut Sahdin, di saat sekolah menentukan siswanya harus mengenakan seragam batik dan seragam olahraga, namun ada orang tua yang keberatan atau tidak mampu membelinya, perlu dibicarakan lagi dalam rapat komite.

"Bisa saja diganti misalnya seragam yang dari sekolah itu terlalu mahal, disepakati saja agar orang tua mencari bahan dan menjahitnya sendiri di tukang jahit. Dengan model yang ditentukan oleh sekolah supaya seragam anak-anak tetap sama. Semua intinya memang harus komunikasi yang baik, jangan sampai sekolah semena-mena menetukan pungutan," tutup Sahdin. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru