Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet Tak Kunjung Membaik, DPRD Kotim akan Panggil Pihak Terkait

  • Oleh Naco
  • 24 April 2018 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Supriadi mengatakan, harga karet yang tidak ada perbaikan signifikan itu harus dicari tahu penyebabnya. Terkait itu, DPRD akan mengundang semua pihak dalam waktu dekat ini untuk mencari penyebab dan solusinya.

"Kita ingin melalui rapat itu, ada hasil yang diharapkan mengurai benang kusut di balik anjloknya harga karet," kata Supriadi, Selasa (24/4/2018).

Supriadi menjelakan, kehidupan masyarakat lokal banyak bergantung dari komoditas itu. Puluhan ribu penduduk masih mengandalkan karet sebagai sumber pembiayaan kehidupan, seperti untuk pendidikan anak.

Apabila pemerintah berdiam diri dengan persoalan itu, bisa dinilai kurang peka dan tidak berpihak kepada petani lokal. Pasalnya, hampir 10 tahun ini harga karet tidak membaik.

Menurut Supriadi, selama ini petani karet tidak banyak menuntut kepada pemerintah. Meski demikian, harusnya pemerintah tidak hanya diam tanpa solusi.

Supriadi ingin dalam rapat dengar pendapat nantinya, pihak perusahaan yang selama ini menampung hasil komoditas itu juga hadir. 

"Apakah dalam persoalan itu ternyata ada permainan oknum pengepul dan pengusaha sehingga yang dikorbankan adalah petani. Atau memang di tingkat nasional perlu ada desakan dari pemerintah kabupaten, agar ada kebijakan soal perbaikan harga ini," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru