Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Rutin Sosialisasi ke Puskesmas Terkait Penyakit Musiman

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 25 April 2018 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selalu melakukan penyuluhan ke puskesmas terkait penyakit musiman. Terutama yang muncul saat cuaca tidak menentu. Seperti penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan flu.

"Kita melakukan penyuluhan tersebut kepada puskesmas agar dapat mengantisipasinya. Supaya dapat menekan kemungkinan penyakit tersebut. Kita sudah mengimbau kepada puskesmas sekitar dua sampai tiga bulan lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kobar Dwi Ratna, Selasa (24/4/2018).

Puskesmas, lanjutnya, sudah bergerak dan pelayanannya juga telah maksimal. Salah satunya dengan memberi imunisasi kepada anak agar tahan terhadap kondisi cuaca saat ini.

Pada bulan-bulan tertentu Dinas Kesehatan juga memberikan imunisasi dasar kepada masyarakat melalui puskesmas.

"Sehingga diharapkan dapat menekan angka penyakit musiman seperti DBD dan flu yang disebabkan oleh faktor perubahan cuaca. Imunisasi juga sebagai langkah pencegahan. Ada baiknya sebelum beraktivitas di luar rumah kenakan jaket untuk langkah pencegahan," ucapnya.

Selain itu, Dwi Ratna mengimbau masyarakat menjaga lingkungan agar tetap bersih. Sebab, penyakit DBD biasanya muncul akibat lingkungan tempat tinggal yang kotor. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru