Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babinsa Kodim 1015 Sampit Peduli Pelajar di Desa Terpencil

  • Oleh Naco
  • 25 April 2018 - 03:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan Babinsa di Desa Teluk Tewah, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur sangat besar manfaatnya. Terutama bagi warga yang berada di desa terpencil serta bantaran sungai.

Mengingat di desa itu tidak ada akses darat, untuk melakukan aktivitas warga memanfaatkan jalur transportasi sungai yakni kelotok. Terutama bagi kalangan anak-anak di sana yang ingin bersekolah.

Siswa tidak jarang dibantu babinsa di sana yakni Serda Ugarmansyah, meski tidak setiap saat. Apa yang Ugarmansyah lakukan itu, di sela kesibukanya sebagai Babinsa di sejumlah desa, wilayah Koramil 1015-11 Cempaga.

"Meski tidak setiap saat karena juga ada desa lain. Setidaknya saya bisa membantu masyarakat dan mengurangi biaya antar jemput mereka. Karena tidak ada biaya transportasi. saya antar secara gratis," kata Ugarmansyah, Selasa (24/4/2018).

Apa yang Ugarmansyah lakukan itu itu bentuk pengabdiannya sebagai anggota TNI kepada masyarakat.

Sementara itu Muhtar, warga desa setempat mengatakan untuk ke kota atau anak mereka menempuh pendidikan harus memanfaatkan sarana transportasi sungai. Jumlah penduduk di sana sekitar 400 kepala keluarga.

"Dulu rata-rata anak di sini hanya lulusan SD saja karena akses untuk menempuh ke jenjang berikutnya jauh. Perlu biaya besar, apalagi rata-rata masyarakatnya hanya bekerja sebagai petani karet dan rotan saja," kata Muhtar.

Kondisi ini yang akhirnya menimbulkan kepedulian dari Babinsa. Dengan penuh keiklasan disela-sela tugasnya Ugarmansyah melakukan antar jemput siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Bahkan tidak jarang terik matahari maupun hujan deras tetap dihadapi. (NACO/B-11)

Berita Terbaru