Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Jangan Dipaksakan Diri Terapkan UNBK

  • Oleh Lapro B Giadi
  • 25 April 2018 - 02:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jangan sampai menjadi beban bagi sekolah. Sebab ujian nasional masih bisa dilaksanakan dengan berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas Lawin menyikapi lebih banyaknya pelaksanaan ujian nasional yang menggunakan kertas dan pensil ketimbang berbasis komputer.

"Kemajuan teknologi memang sangat pesat, sampai-sampai kegiatan ujian nasional pun sudah mulai menggunakan internet. Namun semua itu diharapkan jangan menjadi beban pihak sekolah untuk mengejar kegiatan UN menggunakan komputer," tutur Lawin, Selasa (24/4/2018).

Sebagaimana dinformasikan, untuk lingkungan Kemenag Kapuas saja, jumlah pelajar MTsN yang mengikuti ujian nasional sebanyak 1.965 orang.

Dari jumlah itu, hanya 234 pelajar yang melaksanakan UBNK, sisanya 1.171 pelajar mmengikuti ujian nasional berbasis kertas dan pensil.

Menurut Lawin, menyiapkan sarana dan prasarana untuk kegiatan UNBK cukup berat bagi sekolah, belum lagi masalah jaringan. Namun tidak ada salahnya bila ada kemampuan sekolah secara bertahap menyiapkan sarana UNBK.

"Pihak sekolah bisa secara bertahap menyiapkan sarana dan prasarana untuk ke depan supaya bisa menggelar ujian nasional menggunakan sistem komputer," tutur wakil rakyat dari Partai Hanura ini. (LAPRO/B-3)

Berita Terbaru