Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketum GAPKI: Banyak Daerah Mekar Juga Karena Sawit

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 April 2018 - 08:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Banyak peran dari komoditas sawit, menurut Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Pusat, Joko Supriyono. Selain menopang ekonomi Indonesia dari ancaman ambruk, banyaknya wilayah berbondong melakukan pemekaran daerah juga karena sawit.

Ungkapan ini disampaikan Joko, usai melantik Ketua GAPKI Cabang Kalteng, Dwi Darmawan dan jajarannya di Ballroom Aquarius Palangka Raya, Selasa (24/4/2018).

“Perkebunan kelapa sawit ternyata juga punya andil membuat banyak daerah yang mekar, baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi, itu juga larena sawit. Itu kontribusinya terhadap pengembangan kawasan,” sebut Joko.

Beberapa infrastruktur di perdesaan yang awalnya tidak ada karena sulit dijangkau, pun terbangun dengan kehadiran perkebunan sawit. Termasuk munculnya lapangan kerja bagi penduduk setempat.

Namun khusus terkait infrastruktur perdesaan dan pelosok ini, mendapat tanggapan Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail. Ia meminta agar infrastruktur yang terbangun itu tidak lama-lama menjadikan ekslusif bagi masyarakat setempat.


“Jangan lagi ada jalan perkebunan yang ditutup perusahaan, yang awalnya masyarakat terbantu dengan akses yang tembus, kini harus memutar gara-gara diportal perusahaan gara-gara ada rawan maling, tidak begitu caranya,” kata Wagub. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru