Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Otonomi Daerah, Cara Efektif Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 25 April 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokrasi merupakan cara efektif meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokrasi bukan hanya mengharuskan pemerintah daerah mengikuti peraturan perundang-undangan, akan tetapi melibatkan partisipasi publik sebagai dasar tolak ukur dalam mengambil kebijakan.

"Sehingga dalam mengambil sebuah kebijakan itu bisa dipertanggungjawabkan kepada rakyat. Untuk memastikan otonomi daerah yang demokrasi dan bersih, pemerintah terus melakukan berbagai terobosan, kata Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah saat memimpin upacara dalam rangka Hari Otonomi Daerah yang ke-22 di halaman Kantor Pemkab Kobar, Rabu (25/4/2018).

Salah satu terobosan yang ditempuh adalah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan, Pengawasan dan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Peraturan ini memperjelas mekanisme dan koordinasi antara aparat pengawasan dan aparat penegakan hukum sehingga dapat menangani pengaduan masyarakat. Sehingga untuk pencegahan penyalahgunaan wewenang. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru