Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Gelar Apel Hari Otonomi Daerah

  • Oleh Norhasanah
  • 25 April 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22. kegiatan ini dipimpin Bupati Sukamara Ahmad Dirman digelar di aula Setda setempat, Rabu (25/4/2018).

"Cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis," ucap Ahmad Dirman.

Menurut Dirman, penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, artinya bukan hanya mengharuskan daerah dan menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, namun juga harus menjadikan transparasi dan partisipasi publik sebagai dasar serta takl ukir utama.

"Sehingga apabun kebijakan itu, dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat," ujar Dirman.

Dirman menjelaskan, penyelenggaraan otonomi.daerah yang bersih dan demokratis, juga hermakna bawa pelaksanaan implementasi otonomi daerah didasarkan atas aspek kelembagaan, bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu.

"Otonomi daerah taat kepada prinsipnya, bahwa negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dimata hukum," tegas Ahmad Dirman. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru