Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Dapat Bantuan Untuk Pembukaan 11 Ribu Hektare Perkebunan Jagung

  • Oleh Ramadani
  • 25 April 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Kementerian Pertanian mencanangkan pembukaan lahan perkebunan jagung seluas 50 ribu hektare di Kabupaten Barito Utara.

Biaya pembukaan lahan akan dibantu oleh Kementerian Pertanian dengan dukungan dana sekitar Rp100 miliar.

“Tetapi realisasinya, se-Kalimantan Tengah hanya dapat 35 ribu hektare. Mungkin karena anggaran Kementeraian (terbatas). Dari 35 ribu hektare tersebut, Barito Utara mendapat 11 ribu hektare,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi, Rabu (25/4/2018).

Untuk membuka lahan jagung seluas 11 ribu hektare tersebut, Dinas Pertanian sudah mendapat bantuan alat berat berupa excavator besar sebanyak tiga unit dan excavator kecil dua unit.

Kemudian dari Pemkab Barito Utara, lanjut dia, mendapat dukungan berupa satu unit bulldozer untuk pembuatan jut dan sebagainya. Kemudian juga mendapat tambahan traktor Jhon Deere sebanyak sembilan unit.

“Dari sembilan unit traktor Jhon Deere tersebut, lima unit di antaranya sudah berada di Kota Muara Teweh. Tinggal empat unit yang masih ada di Pemprov Kalteng,” ujar Setia Budi.

Selain itu, Barito Utara juga mendapat mesin tanam, mesin pompa besar 20 unit dengan kepasitas 4 inch dan kultivator 60 unit. “Kultivator sudah datang 30 unit dan menyusul 30 unit lagi,” sebutnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru