Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Gelar Adat Akan Disematkan ke Kapolri dan Panglima TNI

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 April 2018 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran memastikan akan memberikan gelar adat kehormatan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Rencananya akan kita berikan ketika sampai di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kamis (26/4/2018)," kata Agustiar didampingi pengurus DAD Kalteng, Rabu (25/4/2018).

Ia menuturkan, gelar kehormatan untuk Kapolri yakni Mantir Hai Panambahan Antang Randan Karambang Pulau Mendereh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai Tambun. 

Sedangkan untuk Panglima TNI adalah Mantir Hai Panambahan Antang Randan Karambang Pulau Mendereh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai Tambun, Tisan Mandui Asep Sandawa Laut, Nyaruntai Paluru Barantai.

"Artinya warga kehormatan masyarakat Dayak, orang yang gagah berani mampu menjaga ketertiban dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap Agustiar.

"Perlu digaris bawahi itu bukan berarti jadi orang Dayak. Tapi itu merupakan gelar kehormatan. Tujuannya membangun hubungan emosional. Terlepas dari itu juga selalu dalam bingkai NKRI," tuturnya. 

Seperti diberitakan, Kapolri bersama Panglima TNI dan pejabat tinggi lainnya akan berkunjung ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Kamis (26/4/2018). Acara akan dipusatkan di Gedung Kalawa Waterpark, Jalan Tjilik Riwut, Km 6,5, Palangka Raya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru