Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditpolair Polda Kalteng akan Adakan Sayembara Pawang Buaya, Hadiahnya Menggiurkan lho... 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 April 2018 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Kalteng berencana menggelar sayembara pawang buaya, dan menjanjikan hadiah yang menggiurkan. Lokasi sayembara akan dipusatkan di sungai wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Intinya, sayembara terhadap pawang buaya itu untuk kita bagaimana menyelesaikan masalah. Sekarang ahli buaya (menangkap) adalah pawang buaya," kata Direktur Kepolisian Perairan (Dirpolair) Kombes Pol Badarudin di Palangka Raya, Kamis (26/4/2018). 

Ia menuturkan, alasan digelarnya sayembara untuk mendapatkan pawang buaya karena banyak kasus orang menjadi korban serangan buaya. 

"Jadi sekarang, kepolisian bersama BKSDA berupaya mengatasi masalah ini. Tujuan utama adalah menyelamatkan reptil dilindungi itu juga menyelamatkan masyarakat. Sama-sama kita selamatkan," katanya. 

Menurutnya, dengan sayembara tersebut, mereka nantinya sudah memiliki data para pawang buaya.

Sehingga, lanjut dia, ketika ada terjadi konflik antara warga dengan buaya, pihaknya tinggal menghubungi sang pawang buaya. 

"Pelaksanaannya mungkin setelah Pilkada. Sistemnya, siapa yang paling banyak mendatangkan buaya kemudian pada saat disuruh pergi buaya pergi, maka dialah pemenangnya. Artinya dia memiliki kemampuan untuk itu," bebernya. 

Ia menambahkan, pihaknya bersama BKSDA sebenarnya sudah berupaya memindahkan buaya ke habitat aslinya.

"Sudah kita pancing dengan segala cara tapi sulit. Makanya kita adakan sayembara. Hadiahnya untuk juara satu, mungkin nanti bisa sepeda motor atau uang di atas Rp15 juta," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru