Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Permintaan Plt Bupati Murung Raya Kepada Perangkat Desa

  • Oleh Trisno
  • 26 April 2018 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Plt Bupati Murung Raya (Mura) H Darmaji meminta aparatur pemerintahan desa memahami dan melaksanakan aturan yang berlaku.

“Semua aturan mulai dari UU, peraturan pemerintah, peraturan daerah hingga perbup, semua itu harus dipahami dan ditaati, itu menjadi kewajiban seluruh perangkat desa agar dalam menjalankan tugas tidak keluar dari koridor dan prosedur yang ada,” pesan Bupati, belum lama ini.

Terkait itu, Plt Bupati meminta seluruh perangkat desa untuk terus belajar dan belajar, salah satunya adalah mempelajari segala aturan terkait dengan desa, agar nanti tidak salah dalam mengambil kebijakan.

 “Pemerintah memfokuskan pembangunan mulai dari Desa, sehingga tentu akan banyak aturan yang dibuat terkait desa dan itu harus dipelajari dan difahami oleh seluruh perangkat desa sebagai panduan dalam melaksanakan tugas,” jelas Bupati.

Apalagi perangkat di desa punya tugas yang cukup berat saat ini, sehingga untuk menunjang harus mengerti aturan aturan yang berlaku tentang desa.

Karena selain harus mengerti tupoksi masing masing, baik itu Kepala Desa dan jajaran maupun BPD desa juga harus mengerti berbagai aturan yang ada terkait dengan pemerintahan desa dan tata kelola keuangan desa.

“Jangan sampai baik itu pemerintahan maupun keuangan salah kelola karena tidak mengerti aturan, dan BPD yang bertugas mengawasi juga tidak faham, itu berbahay dan berdampak buruk sehingga saya minta segera pelajari berbagai aturan tentang desa yang berlaku,” kata Bupati.

Selain itu, koordinasi dan keterbukaan juga menjadi hal penting dalam menjalankan pemerintahan desa, jangan sampai Kepala Desa dan jajarannya bekerja sendiri dan membuat kebijakan sendiri dan tidak melibatkan BPD, karena nantinya apabila terjadi masalah semua yang bertanggung jawab.

“Hindari konflik antar perangkat desa dan BPD yang sering terjadi, tingkatkan koordinasi dan jalankan tupoksi masiing masing agar pembangunan di desa berjalan sesuai koridor aturan dan sesuai apa yang diharapkan masyarakat,” pungkas Bupati. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru