Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Keluarga Lamandau Terima Manfaat PKH Tahap Pertama

  • Oleh Heriyadi
  • 26 April 2018 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Sosial Kabupaten Lamandau kembali menyalurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama untuk ratusan warga kurang mampu. Pencairan itu untuk periode Januari-Februari dan Maret tahun 2018 dengan penerima yang sudah didata pihak Kementerian Sosial.

"Sama seperti tahun sebelumnya pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial kembali mengucurkan dana untuk Program Keluarga Harapan untuk warga kurang mampu di Kabupaten Lamandau," kata Kepala Dinas Sosial Lamandau melalui Kasi Jaminan Sosial Keluarga Yenny Rafiqah di ruang kerjanya, Rabu (25/4/2018).

Ia menjelaskan, data awal jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Lamandau sebanyak 1.088 penerima yang tersebar di semua Kecamatan. Adapun wilayah yang paling banyak KPM adalah Kecamatan Delang, yakni lebih dari 200. Sedangkan paling sedikit adalah Kecamatan Batang Kawa kisaran 40 KPM.

Pada tahun sebelumnya, penyaluran dananya terbagi dalam empat tahap atau tiga bulan sekali. Setiap tahap para KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu.

"Untuk tahap pertama, dananya sudah disalurkan mulai awal April lalu melalui Bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Yenny menambahkan, pada penyaluran dana PKH tahap pertama tahun 2018 ini, dari 1.088 KPM, baru 874 yang telah mendapatkan bantuan dana PKH. Sedangkan sisanya belum bisa tersalurkan lantaran ada perbedaan data KPM yang ada di pihaknya (Dinsos) dengan data yang dimiliki oleh pihak bank penyalur.

"Bagi KPM yang pada tahap pertama ini belum menerima. Maka akan disalurkan pada tahap berikutnya," ungkap Yenny. (HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru