Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panti Sosial Banjar Baru Adakan Penjangkauan Penyandang Gangguan Jiwa ke Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 26 April 2018 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Budi Luhur Banjar Baru Kalimantan Selatan mengadakan penjangkauan sosial bagi penyandang disabilitas mental Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lanjutan ke Buntok, Barito Selatan (Barsel), Kamis (26/4/2018).

Kepala Panti Sosial Banjar Baru Herry Pawoko mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa Barsel ini merupakan tahap awal dalam pelaksanaan yang seharusnya dilaksanakan di dalam panti, tapi kali ini dilaksanakan di luar panti.

“Bagi mereka yang kita berikan program penjangkauan ini khusus bagi yang belum pernah masuk dalam pelayanan rehabilitasi di dalam panti,” kata Herry Pawoko.

Oleh karena itu, lanjut dia, tim PSBL Budi Luhur melakukan jemput bola terkait dengan program penjangkauan dan penanganan masalah rehabilitasi tentang ODGJ.

Menurutnya, pengetahuan bagi keluarga dan masyarakat tentang penanganan ODGJ belum banyak.  Padahalm UU nomor 18 kaitannya dengan kesehatan jiwa bahwa keluarga wajib memberikan pelayanan kesehatan.

Ia juga mengimbau kepada keluarga maupun masyarakat agar tidak memasung apabila ada kerabatnya yang gila. Karena ada payung hukumnya dalam UU nomor 19 tahun 2016 tentang Hak Azasi Manusia (HAM).

“Jadi apabila memasung keluarganya yang penyandang disabilitas mental orang dengan gangguan jiwa itu melanggar  HAM,” jelas dia.

Untuk itu, pihaknya memberikan arahan atau pembinaan kepada keluarga ODGJ jangan sampai memasung keluarganya yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru