Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kotim Ramai-ramai Cek Kesehatan Rutin di Jakarta

  • Oleh Naco
  • 26 April 2018 - 20:42 WIB

BORNEOWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Hal itu dalam rangka menjalankan peraturan demi kepentingan kesehatan wakil rakyat. Adapun pemeriksaan itu dilakukan di rumah sakit Jakarta.

Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli mengatakan, agenda itu memang wajib dilaksanakan di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Menurut Jhon, semua anggota DPRD Kotim wajib melakukan cek seluruh kesehatannya, dan itu memang program dewan.

Adapun dengan dipilihnya Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat karena memang rujukan dari peraturan pemerintah dan peraturan daerah.

Jhon mengatakan, RSPAD merupakan sebuah rumah sakit tipe A yang terletak di Jakarta Pusat.

"Jadi kalau RSUD di Sampit tidak masuk kategori yang diamanatkan dalam ketentuan itu," dalih Jhon, Kamis (27/4/2018).

Dia mengungkapkan, saat medical check up tidak hanya riwayat kesehatan yang dicek namun juga dilakukan tes urine terhadap para Anggota Dewan. 

Pengecekan itu mulai dari cek jantung dan laboratorium yang mencakup tes urine. Sementara untuk hasilnya belum diketahui.

Jhon menambahkan, pemeriksaan kesehatan itu amanat dari Peratuan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif anggota DPRD dan peraturan daerah. 

Ssetiap anggota DPRD mendapatkan fasilitas tersebut secara rutin setiap tahun selain hak keuangan dan protokoler yang sudah diatur. Rumah sakit menyiapkan tim dokter yang terdiri dari spesialis berbagai penyakit untuk memeriksa para wakil rakyat itu. (NACO/B-11)

Berita Terbaru