Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Malaria

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 27 April 2018 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada beberapa obat tradisional yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit malaria seperti brotowali.

Meski brotowali memiliki rasa yang sangat pahit, tapi memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan.

Untuk konsumsi brotowali ini untuk orang lokal biasanya diambil kulitnya sedikit dan di konsumsi bersama pisang karena tanaman ini terkenal karena pahitnya. Sehingga orang-orang mengonsumsi itu bersamaan dengan pisang.

"Karena obat tradisional itu sudah terbukti aman secara empiris yang artinya secara turun temurun sudah diakui secara khasiatnya. Karena pada dasarnya ciri-ciri obat tradisional itu pahit. Secara tingkatan obat tradisional itu dibagi tiga seperti jamu, obat herbal berstandar, dan fitofarmaka," kata Kasi Pelayanan Tradisional Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Mamad Syahruni, Jumat (27/4/2018).

Dia menjelaskan dari tiga tingkatan tersebut memiliki penjelasan seperti jamu yang digunakan secara turun temurun untuk pengobatan berdasarkan pengalaman dari nenek moyang.

Untuk obat herbal berstandar bahan yang digunakan telah dibuktikan keamanannya dan khasiatnya secara ilmiah.

Untuk fitofarmaka bahannya dari alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik serta sudah diuji langsung kepada manusia. Dari ketiga tersebut kualitas yang bagus itu ada di fitofarmaka karena sudah teruji keamanannya dalam di konsumsi manusia. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru