Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Lima Puskesmas di Barito Timur Terakreditasi

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 28 April 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring, mengatakan saat ini baru lima puskesmas di daerah ini yang sudah terakreditasi.

Rinciannya, Puskesmas Ampah di Kecamatan Dusun Tengah, Puskesmas Tamiang Layang dan Pukesmas Jaar di Kecamatan Dusun Timur, Puskesmas Dayu di Kecamatan Karusen Janang, dan Puskesmas Pasar Panas di Kecamatan Benua Lima.

"Untuk tahun 2018, kita usulkan akreditasi sejumlah Puskesmas Tampa di Kecamatan Paku, Puskesmas Murutuwu di Kecamatan Paju Epat dan Puskesmas Hayaping di Kecamatan Awang," kata SImon Biring, Sabtu (28/4/2018).

Selainjut, di tahun 2019 akan diusulkan akreditasi tiga puskesmas. Yakni Puskesmas Bambulung di Kecamatan Pematang Karau, Puskesmas Unsum di Kecamatan Raren Batuah dan Puskesmas Bentot di Kecamatan Patangkep Tutui.

"Target kita di tahun 2019 semua puskesmas sudah terakreditasi,” kata Simon Biring.

Dalam menunjang akreditasi, Dinkes menambah sarana dan prasarana puskesmas menggunakan anggaran bersumber dari APBD dan DAK Kesehatan.

“Setiap Puskesmas juga akan ditambah tenaga kesehatannya sekitar 20 orang. Ini untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan dalam menyambut Unirvesal Health Coverage,” katanya.

Adapun puskesmas yang bisa melayani rawat inap tahun 2018 ini yakni Puskesmas Bambulung, Ampah dan Bentot. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-11)

Berita Terbaru