1.740 Ekor Burung Ikuti Lomba Berkicau HUT Trigana Air

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 29 April 2018 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Sebanyak 1.740 ekor burung mengikuti Festival dan Seni Suara Burung Berkicau. Kegiatan memperebutkan ’Trigana Air Cup’ ini merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun ke-28 maskapai penerbangan tersebut.
  
Lomba yang berlangsung di Pasar Palagan Sari, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (29/4/2018) ini dibagi menjadi 29 race berdasarkan jenis burung. Jadi setiap kategori perlombaan ada 60 ekor burung yang berlomba.

“Dari 29 race yang dilombakan dibagi berdasarkan jenis burung, seperti kacer, serindit, cucak hijau, dan lainnya,” kata panitia penyelenggara yang juga Ketua DPC Ronggolawe Nusantara Pangkalan Bun Teguh Tanwijaya, Minggu (29/4/2018).

Namun ada beberapa jenis burung yang dilombakan lebih dari empat kali dalam sehari. Sehingga, kata dia, perlombaan ini dibedakan berdasarkan jenis burung yang diikutsertakan.

"Perlombaan ini salah satu cara kita untuk memeriahkan HUT ke-28 Trigana Air,” ucap Teguh. 

Sebelumnya Station Manager Maskapai Trigana Air Pangkalan Bun Chris Nanlohy menjelaskan, pihaknya menggandeng Ronggolawe Nusantara DPC Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai penyelenggara kegiatan ini

“Kami sangat antusias menyelenggarakan festival ini, karena dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pelestarian burung berkicau serta promosi potensi daerah, khususnya di Kabupaten Kobar," jelas Chris, baru-baru ini.

Saat ini maskapai Trigana Air melayani sekitar 21 tujuan penerbangan di Indonesia. Selain penerbangan domestik, Trigana Air juga melayani penerbangan charter dan penerbangan untuk keperluan khusus, seperti evakuasi medis, cargo, maupun pemetaan udara.

Saat ini Trigana Air memiliki armada 13 pesawat yang terdiri dari tiga unit ATR 42-300, dua unit ATR 72-500, dua unit ATR 72-200, satu unit Boeing 737-300, dua unit Boeing 737-300F (Cargo), satu unit Boeing 737-400, dan tiga unit DHC6 (Twin Otter). (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru