Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Diimbau Waspadai Banjir Akibat Luapan Air Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 April 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Warga Kabupaten Katingan diingatkan waspada bencana banjir akibat luapan air Sungai Katingan.

Saat ini debit air Sungai Katingan mulai dari bagian hulu hingga ke hilir sudah mulai meningkat. Bahkan, sejumlah kawasan mulai tergenang air akibat luapan Sungai Katingan. Namun, banjir belum sampai merendam rumah warga.

"Kita mengimbau masyarakat Kabupaten Katingan mulai dari bagian hulu sampai ke wilayah Kecamatan Kamipang agar mewaspadai bencana banjir akibat luapan Sungai Katingan," ujar Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan Icing, Minggu (29/4/2018).

Icing menyebutkan bahwa beberapa kawasan mulai digenangi air. Misalnya Kecamatan Katingan Hilir, Tasik Payawan, Tewang Snaggalang Garing, Pulau Malan, dan Katingan Tengah.

Namun luapan air Sungai Katingan masih sebatas membasahi bantaran sungai, dan tidak meluas sampai ke permukiman penduduk.

Meski demikian, berkaca dengan sungai lain di Kalteng, seperti Sungai Kahayan yang meluap sejak beberapa hari terakhir, maka patut diwaspadai adanya kemungkinan luapan air Sungai Katingan yang lebih parah.

"Saat ini curah hujan di wilayah kita masih tinggi. Untuk itu masyarakat terutama yang tinggal tidak jauh dari Sungai Katingan agar selalu waspada terhadap luapan Sungai Katingan yang bisa datang secara tiba-tiba," ucap Icing. (ABDUL GOFUR/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru