Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proses Calistung Untuk Jenjang PAUD Gunakan Metode Khusus

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 01 Mei 2018 - 02:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Proses pembelajaran membaca, menulis, dan menghitung (calistung) untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggunakan metode khusus.

Metode khusus yang dimaksud yakni pelajaran diberikan dalam bentuk sebuah permainan angka dan huruf.

"PAUD mengajarkan kepada anak didiknya calistung itu harus meniru, mengenal, dan menghapal angka dan huruf yang diberikan pada saat TK. Calistung yang ada di TK tidak sama dengan yang ada di SD. Karena di TK tidak ada kurikulum untuk calistung," kata Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Salundik, Senin (30/4/2018).

Calistung yang ada di TK menjadi satu pada saat melakukan pembelajaran dan bermain. Sehingga anak dapat menyerap pembelajaran tersebut dengan cara menyenangkan. Jadi salah satu strategi guru PAUD ialah memadukan permainan dengan pembelajaran.

"Di TK tidak ada pelajaran khusus untuk membaca maupun menghitung. Tetapi mereka diajarkan hal tersebut dengan cara bermain. Sehingga anak-anak PAUD bisa tahu dan mengerti tentang angka dan huruf," ucapnya.

Contoh permainan yang disuguhkan guru TK yakni dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan huruf. Seperti menyebutkan nama-nama buah yang memiliki huruf awalan 'a'. Sehingga anak-anak akan tahu buah dengan awalan 'a' itu apel dan anggur. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru