Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Sumbermas Sarana Tambah Lahan Kebun Sawit Plasma 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 02 Mei 2018 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) akan menambah lahan kebun sawit milik plasma seluas 2.000 hektare (ha). 

"Jika terealisasi, total luas kebun plasma kami akan naik menjadi sekitar 14.000 ha," kata Chief Financial Officer Sawit Sumbermas, Nicholas Justin Whittle, dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/4/2018).

Selain penambahan luas kebun dan peningkatan produksi sawit, SSMS akan menggelar ekspansi di lini pengolahan minyak sawit. Perusahaan tersebut akan menambah tiga unit pabrik pengolah kelapa sawit.

"Saat ini, Sawit Sumbermas memiliki enam unit pabrik dengan total kapasitas produksi sebesar 375 ton per jam. Tambahan pabrik tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi sekitar 540 ton per jam pada 2020," papar Nicholas.

Menurut Whittle, saat ini satu pabrik sudah mulai dibangun dan ditargetkan selesai kuartal I tahun depan. Pembangunan satu unit pabrik lainnya akan dimulai dalam waktu dua bulan dan selebihnya akan dibangun pada 2019.

"Dana untuk pembangunan pabrik sekitar US$13 juta per unit. Sekitar 40% capex kami alokasikan untuk pembangunan pabrik," ujarnya.

Ia menambahkan, pasar CPO di dunia terbuka lebar, meski memang banyak tantangan. Salah satunya adalah kenaikan bea impor yang tinggi oleh India.

"Aturan yang baru berlaku pada kuartal I tahun ini sempat mempengaruhi kontrak penjualan perusahaan yang berasal dari India. Permintaan CPO juga ikut tertekan, tapi kuartal II ini permintaan CPO dari India kembali menguat," tutur Nicholas. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru