Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMAN 3 Pangkalan Bun Perlihatkan Tari Kreasi Gosong Senggora

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 03 Mei 2018 - 01:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam menyambut Hardiknas, para siswa SMAN 3 Pangkalan Bun menarikan tarian pesisir Gosong Senggora di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (2/5/2018).

Tarian ini ditampilkan untuk menceritakan keindahan alam di Desa Teluk Bogam. Untuk penari yang tampil ada sembilan orang yang terdiri dari empat laki-laki dan lima perempuan.

"Tarian ini berceritakan keindahan Gosong Senggora pada saat air pasang dan air surut. Secara sinopsis tersebut menceritakan tentang pada saat air pasang, Gosong Senggora itu tidak terlihat, tapi saat air surut Gosong Senggora terlihat dan ketika matahari terbenam Gosong tersebut akan indah," kata Pembina Ekstrakurikuler Tari SMAN 3 Pangkalan Bun, Siti Musrifah.

Ia menjelaskan para penari akan menggunakan properti berupa kain biru yang menandakan bahwa itu air pasang. Sehingga pada saat kain biru itu dilepas akan menandakan bahwa air itu surut dan para penari bersiap-siap untuk menari.

"Tarian ini merupakan simbol kegembiraan terhadap alam di Desa Teluk Bogam. Dengan tarian ini kita mengangkat budaya dan obyek wisata yang ada di Desa Teluk Bogam. Selain itu kita menggunakan peralatan musik untuk mengiringi para penari tersebut dengan jumlah pemain musik ada enam orang," ucapnya.

Tarian pesisir ini merupakan tarian kreasi yang bertujuan untuk mengembangkan kebudayaan yang ada di Kotawaringin Barat. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru