Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resep Nasi Bakar Isi Sambal Bubuk

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Mei 2018 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Campuran ikan lele pada nasi bakar memang terasa gurih dan lezat. Apalagi bila Anda menambahkan pelengkap seperti tempe goreng pasti samakain mantap. Untuk orang Dayak, membuat nasi bakar ini bukan menggunakan potongan atau suwiran daging ikan seperti pada umumnya melainkan ikan lele dibuat menjadi Sambal Bubuk terlebih dahulu.

Sambal bubuk adalah penganan khas Kalteng yang dibuat menjadi semacam abon sehingga mantap menjadi isian. Borneonews.co.id sudah pernah menuliskan cara membuat abon ikan, jika Anda ingin mencobanya bisa membukanya pada link berikut ini https://www.borneonews.co.id/berita/87586-resep-sambal-bubuk-atau-abon-ikan-khas-dayak.

Nah, jika sudah tahu cara membuat sambal bubuk, berikut resep untuk membuat nasi bakar dengan isian sambal bubuk.

Bahan:

- 500 gram beras, cuci bersih

- 900 ml santan, dari 1 1/2 butir kelapa

- 3 lembar daun salam

- 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan

- 3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya

- 3/4 sendok teh garam

- Daun pisang untuk membungkus

Bahan Isian:

- Sambal Bubuk Ikan Lele secukupnya

Bahan Kuah Areh:

300 ml santan, dari 1 butir kelapa

1/4 sendok teh garam

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih

7 butir bawang merah

2 cm kunyit, bakar

Cara membuat:

- Rebus santan, daun salam, serai, daun jeruk, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan beras. Aduk sampai meresap. Kukus 30 menit sampai matang. Untuk membuat kuah areh, rebus bahan kuah areh sambil diaduk dengan api kecil sampai kental. Kemudian nasi bakar ini siap diolah. Caranya ambil sedikit nasi, pipihkan, dan beri isian sambal bubuk. Tutup kembali nasi dengan cara dikepal dan ditekan-tekan. Beri kuah areh kemudian bungkus bentuk lontong panjang dan dilapisi dengan daun pisang. Bakar sampai matang. Siap Dihidangkan. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru