Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resep Juhu Dawen Taya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Mei 2018 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Masyarakat Kalimantan Tengah, suku Dayak memang terbiasa dengan masakan berkuah ini. Kebanyakan memang daun Taya menjadi menu makanan warga yang beragama Kristen karena acap kali daun taya memang dipadupadankan dengan daging B2.

Namun masyarakat Dayak beragama lain kerap mencampur daun taya dengan daging sapi (terutama tulangan) atau ikan yang berlemak, biasanya ikan patin.

Pengolahan juhu taya sama dengan juhu-juhu masyarakat Dayak pada umumnya, bumbu-bumbunya pun sama. Yang membedakan tentu saja rasa khas dari daun taya itu sendiri. Dalam pengolahan sayur-sayuran, suku Dayak sangat menggemari sayuran berkuah dengan bumbu-bumbu yang sama, hanya bahan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mencobanya, berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

- 1/2 kg daging B2 beserta lemaknya (jika tidak bisa makan B2 dapat diganti dengan tulangan sapi atau ikan patin, sesuai selera)

-Daun Taya satu mangkok (atau secukupnya karena ini sayur utama), cuci bersih

Bumbu-Bumbu:

- 3 buah bawang merah 

- 3 siung bawang putih 

- Serai secukupnya

- Lengkuas 2 ruas jari

- Kunyit 1 ruas jari

- Jahe 1 ruas jari

- Kemiri 2 butir

- Garam secukupnya

-G ula secukupnya

Cara Membuat:

Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan kemiri diulek sampai halus. Serai dimemarkan, lengkuas dipukul sampai agak gepeng. Campurkan daging dengan bumbu, diamkan kurang lebih 10 menit. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging dan bumbu. Tunggu sampai daging matang. Setelah daging matang masukkan daun taya, tutup panci, kemudian angkat. Siap dihidangkan.

Tips:

Jangan merebus daun taya terlalu lama supaya ketika dimakan masih segar, karena teksturnya yang sudah lembut sehingga direbus sebentar saja sudah akan layu. Cukup masukan daun taya ke dalam panci kemudian tutup lalu matikan api. Diamkan selama kurang lebih 3 menit, agar panas dari masakan saja yang memasak daun taya. Selamat memasak. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru