Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buruh Tergencet Crane, Pengawasan Tenaga Kerja Bagian Provinsi

  • Oleh Naco
  • 07 Mei 2018 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Sugian Noor menyebutkan pengawasan tenaga kerja merupakan domain Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah.

"Bukan bagian kami untuk pengawasan. Sesuai aturan itu bagiannya provinsi. Namun kami tetap turun seperti yang diminta pak Sekda mengecek soal jaminan ketenagakerjaannya," kata Sugian Noor, Senin (7/5/2017).

Sebelumnya, buruh bongkar muat Aman tewas tertimpa Crane saat memuat pupuk di pelabuhan bongkar muat di Jalan Iskandar, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (3/5/2018) sore.

Korban tewas ditempat setelah bagian Crane itu patah. Saat itu korban tengah asyik memuat pupuk menyusunnya ke dalam truk dengan nomor polisi KH 8481 FB.

Tanpa ia duga Crane yang beras dari kapal Lintas Bahari 23 patah itu menimpanya.

Menurut Sugian Noor leading sektor mereka hanya pada tenaga kerja saja terkait itu yang akan mereka telusuri apakah semua tenaga kerja buruh itu memiliki jaminan atau tidak.

"Sementara soal pelabuhan itu ada bagiannya di dinas perhubungan," tegasnya. Begitu juga nantinya jika masalah itu dianggap berproses ke ranah penyelidikan kepolisian. Itu bukan domain pihaknya lagi.

"Kalau polisi menindaklanjutinya itu bagian mereka, silahkan," tegasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru